Friday, March 25, 2016

MERDEKA...

Hari ini adalah hari kemerdekaan ?. Itulah pesan pemberitahuan facebook ketika anda ingin update status. Tidak salah bahwa hari ini adalah hari sakral kita sebagai bangsa yang merdeka. Merdeka dari aspek fisik penjajahan bangsa Holland dan Nippon.

Memaknai hari sakral ini tentunya seantero negeri melakukan seremonial upacara. Bentuk penghargaan dan pengakuan dari sebuah kebebasan.Menapak tilas perjuangan dan pengorbanan para pejuang dan rakyat. Meresapi penderitaan serta darah yang tertumpah di bumi ibu pertiwi.

Selama ini kita memahami bahwa arti kemerdekaan adalah lepas dari belenggu fisik. Kenyataannya jika di definisikan menurutku merdeka sebenarnya berdaulat,bebas menentukan pilihan,bebas berkreasi tampa intervensi. Yang utama merdeka dalam mengatur hidup.

Pernahkah hidup anda di intervensi ? Pernahkah anda disodorkan suatu opsi yang kemudian anda tidak setujui kemudian harus memilih setuju ?.Atau masih banyak hal lainnya yang bertentangan dengan nurani anda. Seyogyanya anda masih dalam tahap berjuang. Belum sepenuhnya merdeka.

Untuk merdeka seutuhnya masih membutuhkan proses panjang dan jalan berliku. Setidaknya setiap tahun seremoni upacara membekaskan kita makna cinta tanah air. Cinta Indonesia,cinta Sulawesi Selatan,cinta Barru.Bukankah cinta tanah air sebagian dari iman ?.

Anda beriman maka selayaknya anda cinta agama dan cinta negeri ini.Di negeri ini aku lahir,di negeri ini aku beribadah merdeka sebagai muslim,negeri ini kuhirup udaranya,kunikmati hasil tanahnya,nikmati hasil lautnya, dan beranak pinak.Aku cinta negeri ini. Negeri yang elok nan permai.
Dirgahayu Negeriku yang ke 70.
MERDEKA....MERDEKA....!!!

Edisi Dirgahayu RI 2015

No comments:

Post a Comment