Friday, March 25, 2016

MATI SEMANGAT

Entah ada apa dengan PLN tadi siang beberapa kali mematikan arus listrik. Hal ini terus berlanjut menjelang buka puasa. Jadinya kita gelap-gelapan saja nikmati menu buka puasa. Tak apalah sekali-kali toh ini baru pertama kali semenjak ramadhan.Pengharapan menjelang ke masjid untuk tarwih lampu secepatnya menyala.

Harapan tinggal harapan,sampai mata merah menunggu bohlam lampu tak kunjung bersinar. Apa lacur mau tak mau berangkat ditengah kebimbangan entah sudah adzan atau belum.Biasanya adzan terdengar jelas sampai ke BTN Graha Ale Bilae,ha'ha'ha.

Menjumpai parah jamaah dengan sinar temaram redup dari lampu senter mereka. Dengan suara-suara komentar tema mati lampu.Iqomah dikomandangkan dengan suara muadzim yang tak mampu mengimbangi luasnya masjid.Shalat isya lancar dengan jamaah 2 shaf. Selesai shalat kepikiran kok menjelang berakhirnya ramadhan kenapa jumlah jamaah malam ini menurun drastis.

Mencoba menghubungkan antar mati lampu dengan jumlah jamaah. Apa ada korelasinya yah ?. Hipotesis sementara dariku mungkin iya. Malam sebelumnya lampu cerah-cerah saja,jamaah masih ramai,namun malam ini beda.

Memang berbeda menurutku,mendengar suara imam tampa speaker dengan lingkungan temaram seakan ada yang kurang.Maka jadilah tak ada ceramah.Seakan firasatku mengatakan mati lampu telah mematok kami pada mati semangat,semangat ke masjid,semangat khusuk shalat dan semangat kebajikan lainnya.

Tak berharap mati lampu bukan kambing hitam atas kemalasan kita.Besok berharap tak ada mati lampu demi ramainya kembali masjid kami. Demi mencapai finis ramadhan dalam hitungan jam ke depan. Tentunya PLN bisa berbenah agar aktivitas sahur dan berbuka jamaah tak lagi terganggu di injury time ramadhan. Amin.

Edisi ramadhan 2015.

2 comments: