Friday, March 25, 2016

KASTA....

Di negara India mayoritas masyakatnya menganut kepercayaan Hindu. Dalam ajaran Hindu mengenal adanya klasifikasi strata sosial. Pengelompokan itu biasa kita kenal dengan namanya kasta. Mulai dari kasta Brahmana tertinggi sampai kepada kasta  terendah yakni Sudra.

Di Indonesia ajaran Hindu pernah berjaya sebelum akhirnya tergerus oleh ajaran Islam. Peninggalan masa jaya Hindu pun dengan mudah kita jumpai. Adanya candi-candi yang banyak di pulau Jawa dan Sumatera. Candi Prambanan dan candi Jongran misalnya.

Sedikit perbedaan dengan keberadaan candi di nusantara dengan India. Candi hindu di India untuk pemujaan terhadap para dewa-dewa. Di Indonesia candi tersebut untuk menguburkan para golongan ningrat atau raja-raja atau kasta ksatria.

Pengaruh kebudayaan Hindu ternyata masih banyak di jumpai dalam aktivitas masyarakat. Semisal pemberian sesajen yang mengkultuskan hari tertentu dengan niat tertentu pula. Walaupun ajaran islam telah merambah secara global di nusantara terkadang praktek seperti itu masih lazim.

Ketika praktek seperti itu dilakoni masyarakat pedalaman atau masyarat yang kurang tersentuh ajaran islam secara langsung itu ada pemakluman. Maka peran para penggiat agama mayoritas perlu peningkatan. Pertanyaan ketika hal-hal kecil yang tak diketahui oleh para orang awam ternyata dilakoni para juga orang-orang golongan ningrat atau orang berpangkat ?.Nota bene mereka tahu Itu mungkin perlu jawaban tepat.

Cukup mengherankan juga kalau dewasa ini kita mayoritas menganut islam ternyata mempertahankan sistem kasta. Interaksi sosial kita tak perlu dibatasi dengan sekat kasta. Alangkah indahnya berbaur dalam suatu perjamuan dengan latar sosial berbeda. Karena itu juga adalah kerabat kita.Cukup menakutkan perasaan para keluarga itu menimbulkan "riak-riak". Dilain sisi ke depannya kita membutuhkan tenaga dan suara mereka demi sebuah kepentingan. Bijaksananya meniadakan sistem kasta langkah tepat walaupun kelihatan sepele hanya pemisahan tempat duduk.
Ketersinggungan sosial cukup sulit menemukan obatnya. Salam.

No comments:

Post a Comment