Wednesday, May 11, 2016

Air terjun sungai Allu

Boring tinggal di lingkungan sekolah selama pelaksanaan ujian nasional membuat kami menuju suatu destinasi. Sebuah air terjun pada aliran sungai di dusun Allu desa Pujananting Kecamatan Pujananting Kabupaten Barru. Orang di sana menamainya LIU MADDUMPUE. Artinya air dalam yang berasap.

Untuk menuju ke sini anda yang dari luar Pujananting dan Tanete Riaja melalui rute Pekkae ke arah timur jalur bulu dua Soppeng sebelum Ralla belok kanan menuju ibu kota Kecamatan Pujananting yakni Doi-doi. Di sini anda akan menemukan persimpangan jalan anda pilih sebelah kiri terus sampai pada dusun Punranga. Di  Punranga ada persimpangan yang lurus tembus Gattareng dan belok kanan menuju dusun Allu. Pilih belok kanan.Untuk menemukan lokasi ini anda lewat jalanan belakang SDN Punranga.

Berbekal kamera dan semangat kami pun memarkir sepeda motor di halaman SDN Punranga Allu. Perjalanan di mulai memasuki hutan. Panas matahari tak terlalu terik serta lebatnya pepohonan melindungi kami. Pada awalnya jalanan masih rata dengan beberapa tanaman kakao penduduk dan pohon enau.Semakin jauh ke dalam semakin menurun. Beberapa tanaman rotan kami jumpai tumbuh melata.

Harus ekstra hati-hati karena penurunan dan tanah masih becek pengaruh hujan dari kemarin-kemarin. Tampak sulur pepohonan merintangi jalanan setapak yang kami lewati. Semakin dekat ke sungai semakin terjal jalanan setapak ini.Mengandalkan tanaman yang tumbuh untuk berpegangan agar tak terjatuh.

Bunyi desir air menandakan sungai semakin dekat. Tak butuh waktu banyak untuk sampai di pinggiran sungai. Tampak oleh kami sungai dengan bebatuan besar sepanjang kiri kanan aliran sungai.  Kami harus menyusuri sungai ini untuk sampai pada air terjunnya. Beberapa menit melewati pinggiran sungai yang licin dari merangkak sampai memanjat bebatuan besar.Sampailah kami pada aliran sungai Liu Maddumpue. Hampir mirip suasana bebatuan di Sungai Ule Watu Tanete Riaja atau yang orang barat menamainya Celebes Canyon. He'he.

Di Liu maddumpue ini dapat kita lihat air terjunnya bertingkat 2. Di tingkatan pertama di situ ada kolam yang dalam. Makanya dinamakan Liu atau dalam.Orang bisa berenang kalau mau dan berani. Pada tingkatan kedua,airnya kelihatan berasap pengaruh dari derasnya air tersebut. Pemandangan tampak indah karena lokasi ini dikelilingi tebing batu.

Maka pengambilan gambar adalah hal mutlak untuk mengabadikan perjalanan ini. Jadi siapkan kamera dan bekal perjalanan jika anda berminat ke sini. Jarak dari sekolah SDN Allu ke lokasi ini sekitar kurang lebih 1 km menurun. Namun siapkan fisik untuk pulangnya karena pastinya jalan kembali adalah pendakian terjal.Cukup membuat napas anda ngos-ngosan. Saya jamin ngos-ngosan dan bagi anda penikmat adventure ini salah satu destinasi wajib di kunjungi di pelosok pegunungan Pujananting Allu. Liu Maddumpue menunggu jepretan kamera dan selfie anda.